Soal Latihan

Soal:

1.Dalam praktik ketatanegaraan terdapat hukum dasar yang bersifat tidak tertulis, ini disebut dengan?

2.Pengertian hukum dasar meliputi dua macam, yaitu…


3.Rumusan pancasila sebagai dasar negara RI adalah seperti yang tercantum dalam



Jawaban:
1. Hukum Convesi, Convensi merupakan aturan-aturan dasar dalam praktek ketatanegaraan yang merupakan pelengkap dari aturan dasar-dasar yang belum tercantum dalam UUD dan tidak boleh bertentangan dengan Undang-Undang Dasar.

2. Hukum Tertulis dan tidak tertulis
Hukum tertulis :  naskah yang memaparkan kerangka dan tugas pokok dari badan-badan suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan –badan tersebut

Hukum tidak tertulis: aturan-aturan yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara meskipun sifatnya tidak tertulis. 

3. Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara Indonesia. Dalam kelima sila yang terdapat Pancasila, kita menemukan jati diri dan tujuan kita sebagai bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa kita telah berjuang untuk merumuskan kelima dasar hidup bangsa Indonesia, terutama dengan tetap menempatkan diri sebagai umat Allah yang Maha Pengasih. Karena sifatnya yang amat penting, para pendiri bangsa menempatkan rumusan Pancasila dalam pembukaan dasar negara kita, yaitu Undang-undang Dasar 1945.


Sekian dari jawaban yang saya berikan, maaf jika ada jawaban yang salah...
Anda bisa mengkoreksi jawaban tersebut di kolom komentar, Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments