1. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1) Kupu-kupu adalah serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik). (2) Kupu-kupu umumnya melakukan aktivitasnya di waktu siang (diurnal). (3) Mereka umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). (4) Sedangkan pada malam hari kupu-kupu beristirahat atau hinggap dengan menegakkan sayapnya di ranting pohon. (5) Kupu-kupu memiliki warna sayap yang bervariasi dan indah sehingga banyak diburu orang untuk koleksi.
Kalimat definisi dalam kutipan teks laporan hasil observasi di atas berada pada....
A. Kalimat ke-1
B. kalimat ke-2
C. kalimat ke-3
D. kalimat ke-4
E. kalimat ke-5
2. Yang termasuk kalimat simpleks dalam kutipan teks di atas adalah kalimat nomor ... .
A. 1, 2, 3
B. 2, 4, 5
C. 3, 4, 5
D. 1, 2, 5
E. 2, 3, 5
3. Teks laporan hasil observasi berikut ini, merupakan acuan menjawab soal nomor 3 s.d 37
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokkan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
Teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan . . .
A. Aspek yang dilaporkan dengan sebuah pernyataan lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B. Pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. Pengelompokkan benda menurut penulis laludituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. Benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
4. Objek dalam penelitian tersebut adalah . . .
A. Benda-benda di dunia
B. Makhluk hidup di dunia.
C. Beragamnya jenis hewan
D. Bentuk tumbuhan di dunia
E. Persebaran flora dan fauna
5. Dalam paragraf ke-2 kalimat pertama teks di atas terdapat kata ‘diklasifikasi’. Di bawah ini merupakan sinonim kata tersebut, yaitu . .
A. disebutkan
B. dipisahkan
C. digolongkan
D. disusun
E. dibagi
6. Pada paragraf ke-3 kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah . . .
A. pasif
B. statis
C. elastis
D. dinamis
E. fluktuatif
7. Konjungsi berikut ini dapat ditemukan pada paragraf di atas, yaitu . . .
A. yang, dari, dalam, dan oleh karena itu
B. seperti, menjadi, selain itu, dan tetapi
C. yang, juga, namun, dan sementara itu
D. adalah, karena, selain itu, dan namun
E. disebut, juga, tetapi, dan sedangkan
8. Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas . . .
A. Benda hidup juga membutuhkan makanan.
B. Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
E. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
9. Contoh kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah. .
A. Benda mati adalah kaca, air, plastik, baja, dan oksigen.
B. Invertebrata adalah hewan yang tidak bertulang belakang
C. Kera, tumbuh-tumbuhan, dan bunga adalah benda hidup.
D. Vertebrata adalah manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain.
E. Tumbuhan berbunga adalah mawar, jagung, dan tanaman buah.
10. Bacalah paragraf berikut ini!
Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya.
Aspek yang dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah ... .
A. tempat hidup burung pelikan
B. cara berkembang biak burung pelikan
C. perilaku burung pelikan
D. penangkaran burung pelikan
E. Ciri-ciri pelican
Jawaban:
1. A.
2. A.
3. B
4. A.
5. C.
6. A.
7. C
8. E
9. B.
10. E.
0 Comments